KAJIAN DAN DISKUSI ILMIAH PPMU DERBING

Category : AGAMA

Pada hari jumat tanggal 26 Juli 2019 kemarin Pondok Pesantren Miftahul Ulum Derbing Pancor (PPMU Derbing) mengadakan sebuah kegiatan yang melibatkan semua santri dan asaatiid PPMU Derbing, kegiatan tersebut bertajuk KAJIAN DAN DISKUSI ILMIAH dengan mengundang seorang pemateri hebat, salah satu santri terbaik Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen, beliau adalah sosok yang familiar dikenal dengan nama Ja’far Shodiq M.B, beliau adalah seorang penulis hebat yang sudah tidak diragukan lagi jam terbangnya khususnya dalam hal penulisan buku, sudah banyak buku-buku karangan beliau, oleh karenanya kabid Pendidikan Mengundang beliau untuk mengisi program terbaru kabid Pendidikan PPMU Derbing yakni KAJIAN & DISKUSI ILMIAH.

Program tersebut diinisiasi oleh kabid Pendidikan PPMU Derbing yakni ustad. Noer Hamid, S.H. yang sejatinya merupakan perubahan dari program sebelumnya yaitu mustri (Musyawarah Santri). Perubahan tersebut menurutnya dilatarbelakangi oleh beberapa hal salah satunya adalah kondisi santri yang ada saat ini semakin kecil-kecil, bahkan saat ini kalau di jumlah jumlah santri pondok kecil dan pondok besar lebih banyak pondok kecil, sehingga perlu dilakukan penyesuaian program Pendidikan dengan kemampuan santri yang ada dan setelah melalui usulan atau masukan serta pertimbangan para asatiid maka diputuskan bahwa mustri dirubah menjadi kajian dan diskusi ilmiah.

Dalam kajian dan diskusi ilmiah ini diharapkan nantinya lebih memguasai materi atau materi yang disajikan lebih menarik dan mudah difahami sehingga dengan demikian kualitas diskusi dan kajian akan lebih menarik dan lebih baik.

Adapun gambaran umum dalam kegiatan kajian dan diskusi tersebut adalah meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Kajian Nahwu Dan Sarraf
  2. Kajian Fiqih dan Tauhid dalam Islam
  3. Kajian Politik dan Hukum Indonesia
  4. Motivasi Belajar dan menjadi santri yang produktif
  5. Bedah buku dan Bedah film

serta banyak lagi yang lainnya kajian-kajian isnpiratif yang dapat merangsang semngat atau himmah santri untuk terus belajar dan belajar.


Leave a Reply